Minggu, 31 Juli 2011

Mitosis and Meiosis

Mitosis adalah proses pembelahan nukleus biasa sehingga dari satu nukleus induk terjadi dua nukleus baru yang jumlah dan susunan kromosnya persis sama dengan kromosom induk semua. Mitosis terjadi hanya pada sel eukariot. Pada organisme multisel, sel somatik mengalami mitosis, sedangkan sel kelamin (yang akan menjadi sperma pada jantan atau sel telur pada betina) membelah diri melalui proses yang berbeda yang disebut meiosis. Sel prokariot yang tidak memiliki nukleus menjalani pembelahan yang disebut pembelahan biner. Ada empat fase dalam pembelahan mitosisyaitu : profase, metafase, anafase, dantelofase.
CIRI-CIRI TAHAPAN MITOSIS:  
* Profase ditandai dengan menghilangnya membraninti, dan terbentuknya benang-benang kromatin(pemadatan kromosom). 
* Metafase ditandai dengan kromosom yang berderetdi bidang equator (saat yang mudah mengamatikromosom). 
* Anafase ditandai dengan kromosom mulai bergerakkearah kutub yang berlawanan ditarik oleh benang-benang spindel/mikrotubul. 
* Telofase sel terbagi menjadi 2 sel anakan

Meiosis adalah salah satu cara sel untuk mengalami pembelahan.Meiosis hanya terjadi pada fase reproduksi seksual atau pada jaringan nuftah. Pada meiosis, terjadi perpasangan dari kromosom homolog serta terjadi pengurangan jumlah kromosom induk terhadap sel anak.Fase fasenya adalah meiosis tahap 1 terbagi menjadi Profase I , Metaphase I, Anafase I,Telofase I, Meiosis tahap 2 terbagi menjadi Profase II, Metaphase II,Anafase II,Telofase II.Disamping itu, pada meiosis terjadi dua kali periode pembelahan sel, yaitu pembelahan I (meiosis I) dan pembelahan II (meiosis II)
Ciri pembelahan secara meiosis adalah:
*
Terjadi di sel kelamin
*
Jumlah sel anaknya 4
*
Jumlah kromosen 1/2 induknya
*
Pembelahan terjadi 2 kali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar